5.11.2009

Dukungan Suami, Pengetahuan Thd ASI Ekslusif

"Hubungan antara Dukungan Suami, Dukungan nenek Bayi, Pengetahuan Ibu Tentang ASI dan Riwayat Pemberian ASI Eksklusif di Puskesmas Kecamatan Panyingkiran Kabupaten Majalengka"

Sitorus, Bilmar. Karya Ilmiah. Program DIV. Jurusan Gizi. Politeknik Kesehatan Depkes Bandung. Pembimbing : Heni Hendriyani, SKM, MPH

Menyusui adalah suatu proses alamiah. Berjuta-juta ibu di seluruh dunia berhasil menyusui bayinya tanpa pernah membaca buku tentang ASI. Bahkan ibu yang buta huruf pun dapat menyusui anaknya dengan baik. Walaupun demikian, dalam lingkungan kebudayaan kita saat ini melakukan hal yang alamiah tidaklah selalu mudah. ASI eksklusif adalah pemberian ASI saja tanpa tambahan cairan lain seperti susu formula, madu, air putih, jeruk dan tanpa tambahan makanan padat seperti pisang, pepaya, bubur susu, biskuit, bubur nasi dan tim.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara dukungan suami, dukungan nenek bayi, pengetahuan ibu tentang ASI dan riwayat pemberian ASI eksklusif di Puskesmas Kecamatan Panyingkiran Kabupaten Majalengka. Pengambilan data dilakukan selama bulan Agustus 2008 pada ibu menyusui di Puskesmas Kecamatan Panyingkiran, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu-ibu yang mempunyai bayi berumur 7-12 bulan. Data yang diambil meliputi data primer yaitu identitas responden (nama, umur, jenis kelamin, pekerjaan). Data sekunder meliputi gambaran umum Puskesmas Kecamatan Panyingkiran, dan profil kesehatan tahun 2007 Dinkes Kabupaten Majalengka. Jenis penelitian ini termasuk kedalam penelitian cross sectional.
Sampel yang diperoleh pada penelitian ini berjumlah 92 orang sebagian besar umur ibu balita (sampel) pada kelompok umur <> 35 tahun sebanyak 6 orang (6,50%). Tingkat pendidikan ibu balita paling banyak adalah SD sebanyak 36 orang (39,13%), sedangkan SMP sebanyak 21 orang (22,83%), SMA sebanyak 32 orang (34,78%) dan perguruan tinggi 3 orang (3,26%). Sebagian besar ibu bayi adalah tidak bekerja (ibu rumah tangga), yaitu sebanyak 89 orang (96,74%), sedangkan yang bekerja sebanyak 3 orang (3,26%) yang terdiri dari karyawan. Dukungan suami terhadap pemberian ASI eksklusif yang baik sebanyak 46 orang (50,00%) dan yang kurang sebanyak 46 orang (50,00%). Dukungan nenek bayi terhadap pemberian ASI eksklusif yang baik sebanyak 51 orang (55,4%) dan yang kurang sebanyak 41 orang (44,46%). Tingkat pengetahuan ibu bayi tentang ASI terhadap pemberian ASI berkisar antara 73%-100% dengan rata-rata 75%, yang dikategorikan baik sebanyak 50 orang (54,35%) dan kategori kurang sebanyak 42 orang (45,65%). Berdasarkan uji statistik menggunakan Chi-Square pada tingkat kepercayaan 95% menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara dukungan suami terhadap pemberian ASI eksklusif (P = 0,019), ada hubungan yang bermakna antara dukungan nenek bayi terhadap pemberian ASI eksklusif (p = 0,018) dan tidak ada hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan ibu bayi tentang pemberian ASI eksklusif (P = 0,185).
Berdasarkan hal tersebut maka disarankan penelitian lanjutan tentang penyuluhan pada kelompok ibu bayi yang mempunyai bayi 0-6 bulan secara rutin di Posyandu.

Kata Kunci : Dukungan Suami, Dukungan Ibu (nenek bayi), Pengetahuan Ibu Tentang ASI, Riwayat Pemberian ASI Ekslusif

0 komentar: